Minggu, 10 Maret 2013

Bagaimana Solusi Menyelesaikan Beban Hutang yang Menumpuk?

Bagaimana Solusi Menyelesaikan Beban Hutang yang Menumpuk?

Kartu kredit, ilustrasi
Pertanyaan :

Selamat siang,

Saya seorang Ibu Rumah Tangga dan saya juga seorang karyawati di perusahaan jasa.Saya sedang mengalami masalah yang bagi saya cukup besar. Saya mempunyai tumpukan hutang dalam kartu kredit saya, dimana hutang tersebut kami gunakan untuk keperluan usaha,tapi usaha tersebut kini telah bangkrut, dan kami tidak bisa lagi membayar kartu kredit yang total hutangnya bisa mencapai angka 100 juta.

Masalahnya sekarang suami tidak mau sama sekali membantu penyelesaian masalah ini. Karena kartu tersebut atas nama saya, maka saya lah yang harus bertanggung jawab atas semua beban hutang tersebut.Dengan gaji yang kurang dari 3 juta perbulan, saya pun masih harus menanggung keperluan hidup orang tua dan adik saya di rumah.Sampai dengan hari ini, saya sudah menunggak hampir 3 bulan dan sudah ada beberapa bank yang mengancam saya secara kata-kata.

Saya sudah mencoba untuk meminta keringanan, tapi masih belum ditanggapi, mereka bahkan meminta saya untuk siap-siap pasang badan. Saya ingin menyelesaikan semuanya secara baik-baik, tapi saya belum ada titik terang sama sekali.Saya sudah lelah dengan sistem gali lubang tutup lubang,karena hanya membuat utang saya makin menumpuk saja,ditambah lagi dengan kondisi saya yang sedang hamil muda.Dengan telepon kantor dan hp yang terus menerus berdering membuat saya benar-benar stress pak dan tidak tahu lagi harus berbuat apa.

Apakah ada saran terbaik buat saya untuk masalah ini pak?
Terima kasih banyak sebelumnya.

Salam
-Ly-


Jawaban :

Ibu Ly, saya memahami permasalahan yang Anda hadapi saat ini. Memang berat rasanya menanggung hutang yang tidak ada sumber penghasilan untuk menanggungnya. Apalagi jika tidak ada dukungan dari orang terdekat, beban psikologisnya terkadang malah lebih berat dari beban finansialnya.

Namun bagaimanapun juga, hutang yang diambil adalah tindakan kita sendiri yang dilakukan secara sadar, dan tentunya kita harus siap untuk bertanggungjawab. Dan hanya ada satu cara untuk menyelesaikan masalah hutang, yaitu dengan cara membayarnya. Mengingat kemampuan bayar Anda tidak mencukupi dibandingkan dengan besarnya hutang, maka sangat beralasan untuk meminta keringanan pada pihak bank.

Saran saya, ajukan secara resmi dan tertulis untuk meminta keringanan pada pihak bank. Ingat, ajukan langsung pada pihak bank di bagian penyelesaian hutang bermasalah, bukan melalui debt-collector yang disewa oleh pihak bank. Namun Anda juga harus sudah siap dengan konsekuensi lainnya, misalnya saja harus ada penjadwalan hutang dan pengubahan skema hutang agar bisa dilunasi.

Misalnya, dengan mengambil KTA senilai hutang kartu kredit tersebut, dan dibayar cicilan dalam jangka waktu lebih panjang sehingga bisa tercukupi dari penghasilan Anda sekarang. Cara lain bisa juga dengan mengambil pinjaman KPR dari rumah Anda, atau over-kredit KPR jika sekarang masih dicicil. Dengan mengambil KPR ulang, Anda bisa mendapatkan dana segar yang bisa dicicil dalam jangka waktu yang lebih panjang. Tentunya ini membuat cicilan yang harus dibayar menjadi lebih kecil.

Terakhir, dan tidak kalah pentingnya adalah minta dukungan dari suami dan keluarga Anda. Beban hutang masih bisa dinegosiasikan, tapi beban psikologis punya dampak yang lebih berat jika tidak diselesaikan segera.



http://www.republika.co.id/berita/konsultasi/askgoz/11/08/02/lpabei-perencanaan-pendidikan-anak-reksadana-apa-logam-mulia

6 komentar:

  1. Apakah Anda Sedang Berada Dalam Kondisi Ini????
    Kebutuhan Tidak Tercukupi??
    Biaya Hidup Tinggi??
    Hutang Menumpuk??
    Modal Tidak Ada??
    Butuh Dana??
    Modal Minim???

    Semua masalah financial anda bisa dijawab dengan baca lengkap BLOG kami..Silahkan Kunjungi:
    kayahalalrezeki.blogspot.com

    Admin:
    Prettycillia - 081340040036

    BalasHapus
  2. terima kasih abah yang sudah menolong hidupku dari hutang piutang,melalui medianya penarikan dana goib ,ya allah telah engkau panjatkan doa ku untuk di perantarakan abah,insya allah info ini bisa bermanfaat bagi kalian yang ingin ditolong oleh abah semoga nomor beliau masih aktif 089694571334 ,wassalam

    BalasHapus
  3. SOLUSI MUDAH, CEPAT LUNASI UTANG ANDA, TANPA PERLU RITUAL, WIRIDAN, PUASA DLL.
    Anda tak perlu ragu harus tertipu dan dikejar hutang lagi,
    Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan, Atas bantuan pak ustad Insyaallah dengan bantuan dana hibah gaibnya, semua masalah Ekonomi hutang saya terselesaikan. untuk konsultasi tata caranya silahkan kunjungi wapsitenya di [⌣»̶•̵̭̌✽̤̈•̵̭̌☀̤̈>>KLIK*DISINI<<☀̤̣̈̇•̵̭̌✽̤̈•̵̭̌«̶⌣] karna nmr hp pak ustad tdak bisa di publikasikan sembarangan. terima kasih...













    SOLUSI MUDAH, CEPAT LUNASI UTANG ANDA, TANPA PERLU RITUAL, WIRIDAN, PUASA DLL.
    Anda tak perlu ragu harus tertipu dan dikejar hutang lagi,
    Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan, Atas bantuan pak ustad Insyaallah dengan bantuan dana hibah gaibnya, semua masalah Ekonomi hutang saya terselesaikan. untuk konsultasi tata caranya silahkan kunjungi wapsitenya di [⌣»̶•̵̭̌✽̤̈•̵̭̌☀̤̈>>KLIK*DISINI<<☀̤̣̈̇•̵̭̌✽̤̈•̵̭̌«̶⌣] karna nmr hp pak ustad tdak bisa di publikasikan sembarangan. terima kasih...

    BalasHapus
  4. assalamualaikum wr.wb,puji syukur kita panjatkan kepada gusti allah,di komentar ini saya sedikit berbagi info kepada pembaca yang sudah lelah mencari bantuan goib,saya disini pelaku yang meminta tolong kepada goib melalui perantara Pak Haji subkhi beliau pendiri pondok pesantren hikmatul hasanah di banten dalam desa ciasem cisolok,saya waktu itu terlilit hutang senilai 550juta,akhirnya bertemu beliau dimasjid pasar kota sukabumi,ngobrol-ngbrol masalah saya,di masjid itu juga saya disuruh beli ubo rampe dan kalau tidak salah ada apel jin sesajennya,saya disuruh pulang dan saya berikan nomor hape saya,keesokan hari pagi beliau memberi kabar bahwa hasil uang goib sudah diterima ka pak haji itu beliau meminta saya nomor rekening bank saya,akhirnya siang saya lihat subhannallah ini semua kuasa gusti,beliau berpesan setiap bulan harus dishodaqohkan ka masjid 3persen,nomor hp beliau waktu sms ke saya +6289669679651 ,saya berharap anda bisa menghubungi beliau jika memang sangat terdesak,kejadian ini saya alami 2hari yang lalu ,waalaikumsallam saya rizky saputra

    BalasHapus